Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Halaman 34, 35, 37, 38 Kelas 6 Tema 1 Buku Tematik Siswa

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 34, 35, 37, 38 - Kunci Jawaban Soal Tematik Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup, Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 3. Bagiamana sahabat semua sudah siap? mari kita bahas bersama mengenai alternatif jawaban tematik kelas 6 semester 1 ini.

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3

Kunci Jawaban Halaman 34, 35, 37, 38 Tema 1 Kelas 6

Tumbuhan selain berkembang biak dengan cara generatif, juga berkembang biak dengan cara vegetatif. Bagaimana perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan? Ayo, kita cari tahu.

Ayo Mengamati

Perhatikan gambar berikut.

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3
Beberapa tumbuhan tersebut berkembang biak dengan cara vegetatif. Tahukah kamu yang dimaksud dengan perkembangbiakan secara vegetatif?

Perkembangbiakan secara vegetatif adalah cara berkembang biak suatu mahluk hidup yang terjadi tanpa melalui perkawinan. Makhluk hidup baru tumbuhan berasal dari induknya.

Kunci Jawaban Buku Tematik (Halaman 34)

Sekarang, amati gambar berikut ini. Bagaimana cara tanaman tersebut berkembang biak?

Kunci Jawaban Halaman 34 Tema 1 Kelas 6

Carilah informasi dari berbagai sumber. Tuliskan hasilnya di bawah ini!
Secara generatif :
Tanaman wortel akan menghasilkan bunga yang akan melakukan proses kawin (penyerbukan) dan di kenal sebagai perkembangbiakan generatif pada tumbuhan wortel. Setiap bunga dalam memiliki kapasitas untuk memproduksi dua biji. Untuk menghasilkan benih tanaman harus diserbuki. Bunga-bunga dari tanaman wortel dapat menyerbuki dirinya sendiri atau di serbuki oleh tanaman wortel lainnya. Penyerbukan silang dapat terjadi antara individu dari spesies yang sama (dari jenis wortel yang sama) atau bahkan antara spesies wortel yang berbeda. Setelah melakukan penyerbukan barulah biji dari tanaman wortel ini akan terbentuk, lalu biji inilah yang akan tumbuh menjadi tanaman wortel yang baru.

Secara vegetatif :
Pada tumbuhan wortel bisa berkembang biak melalui Umbi akar yang akarnya membesar berisi cadangan makanan. Jika umbi ini ditanam bersama dengan pangkal batang maka akan tumbuh tunas. Tunas tersebut merupakan tumbuhan baru.

Diskusikan hasilnya dengan teman di kelompokmu.

Kunci Jawaban Buku Tematik (Halaman 35)

Perhatikan lingkungan sekolahmu. Catatlah informasi tentang tanaman yang berkembang biak secara vegetatif. Catatlah pada tabel berikut.

Kunci Jawaban Halaman 35 Buku Tema 1 Kelas 6

Tulislah manfaat dari perkembangbiakan secara vegetatif pada kolom dibawah ini.

  • Tanaman akan lebih cepat berbuah.
  • Menghasilkan tanaman baru yang seragam dan identik dengan induknya.
  • Dapat menghasilkan tanaman tanpa biji.
  • Dapat menghasilkan panen dalam waktu yang lebih cepat.
  • Pembudidayaan relatif cepat.

Sampaikan hasilnya kepada gurumu.

Sungguh hebat semua tumbuhan yang diciptakan Tuhan Yang Maha Esa. Tiap tumbuhan memiliki cara yang unik untuk menjaga kelestariannya. Melestarikan tumbuhan merupakan salah satu wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Ayo Membaca
Bacalah teks berikut dalam hati.

Tumbuhan Sumber Kehidupan

Indonesia adalah negara kepulauan yang terletak di garis Khatulistiwa. Indonesia memiliki dataran tinggi, dataran rendah, dan perairan.

Dataran rendah adalah daratan yang memiliki ketinggian 0-200 m di atas permukaan laut. Hampir semua ibu kota provinsi di Indonesia terletak di dataran rendah. Tumbuhan di dataran rendah adalah padi, palawija, dan tebu.

Indonesia adalah negara kepulauan yang terletak di garis Khatulistiwa

Wilayah pantai termasuk dataran rendah. Indonesia memiliki banyak pantai karena negara kita terdiri atas ribuan pulau. Tumbuhan di wilayah pantai adalah kelapa, bakau, dan ganggang.

Dataran tinggi adalah daratan luas dengan ketinggian lebih dari 200 m di atas permukaan laut. Beberapa dataran tinggi di Indonesia adalah dataran tinggi Dieng (Jawa Tengah), dataran tinggi Malang dan dataran tinggi Tengger (Jawa Timur), dataran tinggi Alas (Aceh), dan dataran tinggi Bone (Sulawesi Selatan). Jenis tumbuhan di dataran tinggi adalah teh, kopi, cengkeh, buah-buahan, dan sayuran.

Dapatkah kamu menemukan jenis tumbuhan lain yang terdapat di dataran tinggi dan dataran rendah?

Kunci Jawaban Buku Tematik (Halaman 37)

Isilah diagram di bawah ini berdasarkan informasi dan ide pokok dalam bacaan.

Ide Pokok Tumbuhan Sumber Kehidupan

Jawaban :

Kunci Jawaban Tema 1 Halaman 37 Kelas 6

Diskusikan diagrammu dengan teman kelompokmu. Kembangkan informasi dan ide pokok pada diagram menjadi sebuah tulisan. Serahkan tulisanmu kepada gurumu.

Indonesia memiliki berbagai jenis tumbuhan. Tumbuhan tersebut memberikan bahan makanan yang berlimpah dan manfaat lainnya. Bagaimana kita mensyukurinya?

Kunci Jawaban Buku Tematik (Halaman 38)

Ayo Renungkan
Setelah belajar hari ini, tulislah beberapa hal berikut.

  • Hal apa yang paling menarik yang kamu pelajari hari ini? Mengapa?
    Mengamati lingkungan sekolah informasi mengenai tanaman yang berkembang biak secara vegetatif
  • Apakah ada hal yang masih membingungkan?
    Vegetatif alami dan Vegetatif Buatan
  • Apa yang akan kamu lakukan terkait tanaman sebagai sumber kehidupan?
    Menjaga dan merawat, serta melestarikan tumbuhan disekitar, karena tumbuhan bermanfaat bagi kelangsungan makhluk hidup. Tumbuhan adalah sumber oksigen, maka dari itu tumbuhan dan kehidupan sangat memiliki keterkaitan

Kerja Sama dengan Orang Tua
Perhatikan lingkungan di sekitar rumahmu. Apakah ada di antaranya yang berkembang biak secara vegetatif? Bagaimana kamu tahu? Sampaikan pengamatanmu kepada guru.

Demikianlah portingan mengenai Kunci Jawaban Halaman 34, 35, 37, 38 Kelas 6 Tema 1 Buku Tematik Siswa. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

15 komentar untuk "Kunci Jawaban Halaman 34, 35, 37, 38 Kelas 6 Tema 1 Buku Tematik Siswa"